Senin, 15 November 2010

Visual Foxpro

Visual foxpro adalah bahasa pengaturcaraan prosedure dan objek oriented berpusatpada data (data-centric) yang dikeluarkan oleh Microsoft. Ia terhasil dariFoxPro(pada asalnya dikenali sebagaiFoxBASE) yang dimajukan oleh Fox Softwarepada awal 1984.
Fox Technologies bergabung dengan Microsoft pada 1992 dan aturcara mendapat ciri-ciri tambahan dan awalan "Visual". Versi terakhir FoxPro (2.6) boleh dilaksanamenggunakan sistem operasi Mac OS, DOS, Windows, dan Unix: Visual FoxPro 3.0,versi "Visual" pertama, menyingkir sokongan pelantar hanya kepada Mac danWindows, dan versi berikutnya hanya pelantar Windows sahaja. Versi terkini VisualFoxPro adalah berasaskan COM dan Microsoft telah menyatakan bahawa merekatidak berniat untuk mencipta versi Microsoft .NET.

FoxPro adalah ahli kepada bahasa dalam kelas yang biasanya dirujuk sebagai bahasa"xBase", di mana sinteknya berasaskan bahasa pengaturcaraan dBase. Ahli lainkeluarga bahasa xBase termasuk Clipper dan Recital. (Sejarah awal xBase boleh dilihat dalam rencana dBASE.). Visual FoxPro, biasanya diringkaskan sebagai VFP, biasanya dianggap umum [petikan diperlukan]sebagai hanya Sistem Pentakbiran Pengkalan Data –Database Management System (DBMS). Ini menidakkan fakta bahawa ia merangkumi bukan hanya enjin DBMS, tetapi juga ciri penuh bahasa pengaturcaraan. Ia boleh digunakan bukan sahaja untuk menulis perisian pelanggan gemuk - fat client, tetapi juga bagi middleware dan applikasi web

DATABASE VISUAL FOXPRO.
A. Definisi .
Definisi database dalam ruang lingkup Database Visual Foxpro adalah suatukumpulan informasi berkenaan tabel, local view, remote view, connection,storeprocedure dan informasi tersebut dikemas dalam file .DBC.

Pengertian database tersebut diatas mungkin berbeda jika kita mengacu pada databaselain, seperti misalnya Access yang membungkus kesemuahannya termasuk diantaranya tabel,report,form,dll dalam satu file.MDB

B. File yang membentuk Database Visual Foxpro.
Ada beberapa file yang membentuk Database Visual foxpro, dan ini berbeda dengan struktur database era foxpro :
.DBC Database Container File
.DCX Database Container Index
.DCT Database Memo
.DBF Table Visual Foxpro
.CDX Index Tabel Visual Foxpro (Compound Index)
.IDX Compact Index File Structure
.BAK Backup Table 
.DBF
.FPT Tabel Memo
.TBK Memo Backup

Tidak seperti access, form,report,dan file2 lain seperti program,class,dll benar2terpisah dari database visual foxpro. Mereka terorganisaasi sendiri dalam suatuproject manager. Tapi perlu digaris bawah-in berkeanan pengertian database erafoxpro dan database era visual foxpro,karena disinilah salah satu bentuk evolusinya.
Bagaimana kalau Visual Foxpro digolongkan sebagai Relational data Base? Jadi apabedanya dengan SQL Server and Oracle? Dalam sumber artikel yang saya dapet nihkatanaya : “SQL Server and Oracle are two RDBMSs that can be implemented in aclient-server architecture”. Mungkin ini juga yang dinamakan seleksi alam, ternyatauntuk keperluan Client server RDBMS seperti yang saya sebut diatas ini yang bisasurvive mengatasi permintaan pasar dengan simbiosisnya dengan manusia seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia itu sendiri.
Jadi dimanakah tempat Visual Foxpro dalam jajaran “makluk yang berevolusi”?Pembuktian di lingkungan nyata, sudah terbukti bahwa Visual Foxpro adalah RDBMSmultiuser! Dan memang samapai saat ini dia tidak ber evolusi ato bahkan tdk didesign sbg client server RDBMS. Sama seperti jerapah(visual foxpro) di design untukhidup di darat dengan segala keunggulannya dan segala kelemahannya, demikian pulaburung yang di design sedemikian rupa sehinggga bisa hidup di darat termasuk jugadi udara, mungkin itu bisa diumpamakan sebagai RDBMS client server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar